Tips Mengubah Kebiasaan Buruk Untuk Selamanya

Tips Mengubah Kebiasaan Buruk Untuk Selamanya

Sulit untuk mengubah kebiasaan yang kurang sehat. Ada orang yang bertekad sejak awal tahun untuk tidak minum minuman keras, tidak bermalas-malasan atau lebih banyak makan sayur, tetapi berapa banyak yang mempertahankan tekadnya sampai akhir tahun?

Sulit untuk mengubah kebiasaan yang kurang sehat. Ada orang yang bertekad sejak awal tahun untuk tidak minum minuman keras, tidak bermalas-malasan atau lebih banyak makan sayur, tetapi berapa banyak yang mempertahankan tekadnya sampai akhir tahun? Lebih banyak orang yang gagal daripada orang yang berhasil menjalankan tekadnya sepanjang tahun. Mengapa ada orang yang sukses dan ada yang gagal?

Seorang profesor di Universitas Rhode Island, AS, James Prochaska, Ph.D., menjelaskan bahwa perubahan terjadi dalam lima tahap. Inti penjelasannya, perubahan perilaku tidak terjadi begitu saja, melainkan terjadi melalui sebuah proses. Tahap-tahap yang disebutkannya tidak terjadi dengan urutan yang teratur. Ada orang yang mengalami kemajuan secara tetap dari tahap ke tahap, namun banyak yang macet pada salah satu tahap atau mundur ke tahap-tahap sebelumnya beberapa kali sebelum mereka akhirnya sukses. Apa saja ke 5 tahap tersebut?

1. Mempertimbangkan

Sayangnya banyak sekali orang yang tidak pernah berbuat lebih dari tahap ini. Misalnya, Anda tahu tidaklah sehat memiliki berat badan yang berlebihan, tetapi Anda tidak berbuat apa-apa untuk mengurangi kalori. Anda mungkin hanya merasa tidak berdaya, tidak memiliki harapan, atau bahkan tidak mau mengakui bahwa Anda mempunyai masalah. Seandainya Anda berbuat sesuatu, itu karena keluarga atau teman-teman mendorong Anda melakukannya, namun dalam hati Anda tidak menyukainya.

2. Merenungkan

Anda menerima kenyataan bahwa Anda mempunyai masalah dan perlu melakukan perubahan. Anda mungkin punya gagasan atau rencana untuk berbuat sesuatu beberapa bulan mendatang dan bahkan melakukan penelitian. Namun anda tidak benar-benar bertekad untuk melaksanakannya. Meskipun begitu Anda sudah melangkah ke depan. Anda lebih menyadari bagaimana kebiasaan buruk anda mengganggu kesehatan dan hidup Anda.

3. Persiapan

Anda mulai merancang sejumlah tindakan dan mungkin menetapkan tanggal (tidak terlalu jauh ke depan) untuk mulai. Keyakinan Anda terhadap kemampuan Anda untuk berubah menjadi lebih kuat. Jika tujuan Anda misalnya adalah lebih banyak berolahraga, Anda mungkin mendaftar ke sebuah tempat olahraga, atau membeli sepatu atletik, atau membuat janji dengan teman untuk lari pagi bersama.

4. Tindakan

Anda lari setiap pagi, makan buah dan sayur setiap hari. Anda mengatur apa yang Anda beli untuk makan secara sehat dan tidak membeli camilan sembarangan. Anda tidak lagi membeli rokok, sebagai gantinya Anda memakai plester nikotin atau permen karet penghenti keinginan merokok. Anda mungkin tergelincir kembali ke kebiasaan buruk itu, tetapi Anda mengingatkan diri Anda bahwa orang-orang yang berhasil berubah tadinya juga mengalami kemunduran beberapa kali. Ini bukan kegagalan jika Anda mampu kembali ke arah yang benar.

5. Mempertahankan

Inilah tahap yang paling sulit. Anda mungkin butuh waktu beberapa bulan dan bahkan beberapa tahun. Namun kebiasaan Anda yang sehat sudah tertanam dalam hati Anda. Keinginan untuk kembali ke kebiasaan buruk Anda makin lama makin berkurang dan Anda mampu menolaknya. Makan camilan sembarangan terasa tidak enak lagi. Anda menggemari olahraga kini. Anda belajar strategi untuk dengan sukses menghindari dan mengatasi godaan buat kembali ke kebiasaan buruk Anda. Seandainya Anda jatuh, Anda memiliki keterampilan untuk bangkit karena pengalaman sebelumnya.

Related posts

Tinggalkan Balasan