Panduan Investasi Bagi Pemula

tips-investasi-reksadana-online-sumber-selagimuda-com

Investasi adalah pilihan terbaik untuk menyiapkan masa depan lebih baik. Mengapa demikian? Sebab kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi esok. Apakah kita akan tetap mampu berpenghasilan setiap bulan? Apakah kita akan selalu sehat sehinga tidak membutuhkan dana khusus untuk pengobatan jika mendadak sakit? Mungkin ini hanyalah sedikit ilustrasi yang bisa kita pertimbangkan saat kita ragu untuk mencoba terjun dalam dunia investasi.

Banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari investasi sebenarnya cukup untuk membuat kita berhenti mencari alasan untuk tidak berinvestasi. Wajar memang, tidak semua orang mengenal investasi dengan baik. Namun ketika kita mau belajar mencari informasi mengenai apa saja jenis investasi yang ada dengan segala keuntungannya, pelan tapi pasti keyakinan untuk berinvestasi akan terbentuk dalam mindset kita. Misalnya saja kita mencari tahu tentang reksadana, bisa juga diperkuat dengan mencari tahu tips investasi reksadana online.

Dan apabila keyakinan itu sudah terbentuk, langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kita – kiat atau panduan investasi bagi pemula. Setiap hal ada ilmunya, termasuk investasi. Jadi bekali diri dengan wawasan yang cukup sebelum akhirnya memulai investasi ya. Berikut akan dipaparkan mengenai panduan berinvestasi bagi pemula.

Kenali Karakter Diri

Setiap orang memiliki karakter diri yang berbeda satu sama lain. Dan sebelum memulai berinvestasi, sebaiknya kenalilah karakter diri, sebab hal ini berhubungan dengan jenis investasi yang akan dipilih. Pahami dulu seperti apakah kebutuhan keuangan yang sering kita alami. Misalnya saja kita termasuk pribadi yang konservatif yang mana sangat berhati – hati dalam hal keuangan, maka sebaiknya memilih investasi yang tidak memiliki resiko besar.

Perhatikan Kondisi Keuangan

Sangat disarankan untuk memulai investasi ketika kondisi keuangan sedang stabil. Sebab akan sangat kerepotan jika kita memulai investasi sedangkan keuangan keluarga sedang buruk. Alih – alih ingin membuat dana cadangan dengan investasi, kebutuhan harian keluarga justru terbengkalai. Tentu hal ini akan semakin merepotkan bukan? Jadi berinvestasilah selagi keuangan keluarga stabil.

Pertimbangkan Dengan Matang

Berhubung kita adalah pemain pemula dalam hal investasi, jadi melangkahlah ketika kita sudah mempertimbangkan keputusan untuk berinvestasi dengan matang. Apalagi banyak sekali jenis – jenis investasi yang ada, jadi pilihlah jenis investasi sesuai kebutuhan ya. Apabila tertarik untuk investasi reksadana online, sebaiknya kita membekali diri dengan membaca banyak informasi seputar tips investasi reksadana online. Agar nantinya kita tidak seperti orang yang tidak tahu arah berjalan dan mantap menjalaninya.

Jangan Terpengaruh Asumsi

Nah ini yang paling beresiko, kita hanya mengikuti “trend” semata tanpa mempertimbangkan kapasitas yang ada. Bagi investor pemula seperti kita, usahakan untuk tidak mudah terpengaruh asumsi yang sedang booming. Misalnya saja; investasi jenis A ini sedang dalam kondisi terbaiknya, jadi jangan ragu untuk menggunakan investasi jenis A ini.

Apabila mendengar asumsi seperti di atas, lakukanlah survey sederhana terlebih dahulu untuk memastikan apakah asumsi yang selama ini terdengar adalah benar adanya. Kita juga bisa bertanya dengan kolega yang sudah lama bergelut dengan investasi.

Demikian tadi beberapa panduan investasi bagi pemula. Agar proses investasi berjalan lancar, pastikan kita memperhatikan hal – hal di atas sebelum akhirnya memutuskan untuk berinvestasi. Sebab bagaimanapun juga investasi adalah upaya menyiapkan masa depan lebih baik, jadi untuk memulai pun diperlukan pemahaman dan pengetahun yang cukup agar segala sesuatunya berjalan sesuai dengan rencana.

Related posts

Tinggalkan Balasan