Memilih Makanan Sehat Yang Aman Dan Bergizi Untuk Tubuh

Memilih Makanan Sehat Yang Aman Dan Bergizi Untuk Tubuh

Makanan Sehat Yang Aman Dan Bergizi – Untuk mendapatkan hidup yang sehat dan juga terbebas dari segala penyakit, salah satunya diperlukan makanan sehat yang aman dan bergizi untuk tubuh. Hal ini diperlukan bagi tubuh untuk mendapatkan asupan energi yang seimbang dalam mendukung metabolisme tubuh melalui makanan. Dengan begitu kita dapat melakukan berbagai aktivitas harian kita.

Makanan sehat sendiri merupakan makanan sehat yang dalam kandungan gizinya mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Disini maksudnya dalam makanan tersebut yang paling diutamakan adalah bagaimana kualitasnya dibandingkan dengan kuantitas makanan tersebut. Atau juga jangan terlalu mementingkan tampilannya yang cantik tetapi asupan nilai gizinya bagi tubuh sangat kurang. Untuk mendapatkan makanan sehat sendiri sangat mudah untuk didapatkan, asalkan kita selektif saja dalam memilihnya. Oleh sebab itu berikut ini kami tuliskan bagaimana memilih makanan sehat yang aman dan bergizi untuk tubuh:

  1. Kandungan seratnya cukup untuk tubuh. Serat merupakan salah satu nutrisi yang keberadaannya diperlukan oleh tubuh. Untuk mendapatkannya anda bisa memperolehnya pada menu sayuran atau lalapan. Dua jenis makanan inipun cocok sebagai tambahan menu harian anda. Buah-buhan juga merupakan bahan alami yang mengandung banyak serat, dan anda dapat mengkonsumsinya sebagai makanan cuci mulut anda.
  2. Kandungan bahan pengawetnya sedikit. Untuk saat ini memang cukup susah menghindari makanan yang tidak sama sekali mengandung bahan pengawet. Bahan pengawet ini biasanya ada pada jenis makanan kaleng atau makanan kemasn buatan pabrik. Oleh karena itu usahakan dalam konsumsi makanan seperti ini jangan terlalu banyak, anda dapat menggantinya dengan makanan yang anda masak sendiri yang lebih terjaga nutrisinya.
  3. Makanan yang sedikit minyak goreng. Suatu makanan yang diproses dengan minyak dalam suhu yang tinggi besar kemungkinan gizi dalam makanan tersebut akan hilang atau rusak. Apalagi jika mengkonsumsi makanan yang telah digoreng dengan minyak yang sudah pernah dipakai (jelantah). Maka kandungan lemak trans dan radikal jahat dalam makanan tersebut akan meningkat, sehingga jenis makanan seperti ini jika terus dikonsumsi maka akan berdampak pada munculnya berbagai penyakit.
  4. Makanan yang tidak mengandung MSG dan sedikit garam. Jenis makanan yang mengandung MSG akan mudah kita temukan pada warung-warung atau toko makanan. Makanan seperti ini biasanya berbentuk makanan ringan yang banyak dibuat oleh pabrik-pabrik. Selain itu makanan yang mengandung sodium dan natrium juga kurang baik untuk tubuh karena zat tersebut merupakan jenis garam yang berakibat pada penderita hipertensi.
  5. Makanan yang dalam kematangannya sudah cukup. Mungkin kita sering mendengar konsumsi makanan yang mentah, padahal dalam makanan mentah sangat beresiko akan adanya bakteri dan juga virus yang berbahaya. Oleh sebab itu pastikan makanan yang anda mask memiliki tingkat kematangan yang cukup untuk membunuh segala bakteri dan virus yang terdapat didalamnya.

Related posts

Tinggalkan Balasan