Inilah Alasan Kenapa Snack Dibutuhkan Oleh Anak

Siapa disini yang tak menyukai snack?

Snack yang menjadi camilan di kala waktu luang atau di sela – sela jam makan berat memang menjadi favorit hampir setiap orang. Apalagi anak – anak, makan snack tentu menjadi hal yang paling ditunggu – tunggu. Rasa yang lezat yang disajikan dalam porsi kecil ini memang membuat anak – anak ketagihan.

Benar, banyak penilaian negatif mengenai snack ini, terlebih snack yang di jual di pinggir – pinggir jalan yang kadang mengabaikan kebersihan. Namun di sisi lain, snack bisa memberikan manfaat yang positif dalam perannya untuk memenuhi kebutuhan si kecil. Inilah alasan kenapa snack dibutuhkan oleh anak.

Lambung anak masih kecil

Lambung anak sudah pasti berbeda dengan lambung orang dewasa. Perbedaan tersebut terletak pada ukurannya. Lambung anak tentu lebih kecil, sehingga sebaiknya mengonsumsi makanan dalam porsi sedikit tapi sering. Apabila anak menerapkan pola makan 3 kali sehari seperti halnya orang dewasa, maka kebutuhan nutrisi anak tidak terpenuhi dengan baik. Oleh karena itu perlu diimbangi dengan camilan atau snack ini.

Menyuplai energi

Snack juga turut membantu memberikan energi dan gizi yang diperlukan anak sebagai pendukung daya tumbuh kembangnya. Seperti yang kita tahu bahwa anak – anak belum bisa makan banyak, sehingga nutrisi tubuh sangatlah minim. Dan dengan adanya snack ini merupakan upaya pemenuhan nutrisi untuk tubuh anak.  Namun dengan catatan, orangtua harus tahu betul bahwa snack yang diberikan untuk anak adalah snack yang menyehatkan.

Menjaga agar anak tak terlalu lapar

Mengingat lambung anak kecil masih berukuran kecil ditambah lagi si anak yang seringkali tidak mau menghabiskan porsi makanannya, maka disinilah peran snack tersebut. Yup, agar anak tidak terlalu lapar di antara jam makan, maka anda bisa memberikan snack untuk anak.

Jika anda ingin memastikan kualitas nutrisi snack yang akan diberikan kepada anak, sebaiknya anda membuat snack itu sendiri. Misalnya saja anda ingin membuatkan snack berupa kue kukus, anda tinggal mencari resep kue kukus lalu mempraktekkannya. Dengan begitu anda bisa tahu pasti bahwa snack yang akan dikonsumsi anak terjaga nutrisi dan kebersihannya.

Mengenalkan makanan baru pada anak

Makanan yang dikonsumsi oleh anak tentu sangatlah terbatas. Hal itu dilakukan demi menjaga daya tumbuh kembangnya. Namun seiring pertumbuhannya, anda juga harus mulai memperkenalkan makanan baru pada anak. Dan dengan memberikan snack ini, setidaknya menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengenalkan makanan baru pada anak.

Itu tadi beberapa alasan kenapa snack dibutuhkan oleh anak. Hilangkan persepsi negatif tentang snack ya, sebab kini anda bisa menyajikan snack sehat di rumah. Jadi anda pun tahu pasti kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak.

Related posts

Tinggalkan Balasan