Ini Dia Ciri Dan Tanda Kanker Serviks Yang Wajib Anda Ketahui

Ini Dia Ciri Dan Tanda Kanker Serviks Yang Wajib Anda Ketahui

Kanker serviks menjadi salah satu penyakit yang semakin mengintai kaum perempuan akhir-akhir ini. Meskipun demikian, kanker serviks masih dapat dicegah dan diobati. Jika terdeteksi sejak dini. Bagaimana caranya?

Kanker serviks adalah kanker yang menyerang bagian leher rahim. Penyakit ini memang menjadi salah satu penyakit mematikan yang banyak mengintai perempuan.Angka kasus penyakit ini terus bertambah dari tahun ke tahun. Meskipun demikian, kanker serviks dapat dicegah dan diobati, jika terdeteksi sejak dini.

Kanker serviks umumnya disebabkan oleh virus HPV atau human papillomavirusyang dapat menular. Infeksi HPV mungkin dapat hilang dengan sendirinya, tetapi bisa juga menyebabkan pertumbuhan sel abnormal yang dapat menyebabkan kanker serviks.

Tanda-tanda kanker serviks sendiri mungkin tidak khas seperti kanker payudara, tetapi ada cara tertentu untuk mengamati tanda-tandanya. Segera hubungi dokter kandungan jika Anda mengalami gejala berikut.

1. Keputihan yang tidak normal

Sebagian keputihan memang dianggap normal. Namun, bila Anda mengalami keputihan yang tidak normal, berwarna kehijauan atau kecoklatan, dan keluar dalam jumlah yang banyak, Anda perlu mewaspadainya.

2. Muncul benjolan

Menurut ginekolog, Rosa Maria Leme, munculnya kutil kecil di bagian luar atau dalam rahim merupakan gejala infeksi virus HPV, yang dapat berkembang menjadi kanker serviks.

3. Nyeri atau perdarahan

Kanker serviks yang tumbuh di dinding leher rahim dapat menyebabkan rasa sakit dan perdarahan. Jika Anda mengalami perdarahan abnormal, khususnya di luar masa menstruasi, atau merasakan sakit terutama saat berhubungan seks dengan pasangan, Anda perlu selidiki penyebabnya.

4. Anemia

Merasa lelah, pusing, atau jantung berdebar-debar? Mungkin Anda menderita anemia. Anemia bisa disebabkan karena terjadinya perdarahan yang abnormal, dan ini sering terjadi pada kasus kanker serviks.

5. Masalah kandung kemih

Pembengkakan serviks dapat mengganggu saluran urin. Tak heran, jika kanker serviks juga menyebabkan penderitanya mengalami rasa sakit saat buang air kecil.

6. Nyeri pada kaki, pinggul, dan punggung

Kanker serviks ternyata juga mengganggu pembulih darah, sehingga aliran darah akan lebih sulit mencapai panggul dan kaki. Hal tersebut menyebabkan rasa sakit dan bengkak pada kaki atau pergelangan kaki.

7. Berat badan menurun

Sebagian besar jenis kanker bisa mengurangi nafsu makan. Pembengkakan pada leher rahim juga dapat menurunkan nafsu makan Anda, sehingga Anda pun akan mengalami penurunan berat badan yang signifikan.

Namun, perlu diingat bahwa gejala-gejala di atas tidak selalu terdiagnosis sebagai kanker serviks. Konsultasikan kepada dokter ahli jika ingin diagnosis yang lebih akurat.

Ada beberapa faktor yang bisa mendatangkan risiko kanker serviks, yaitu merokok atau bahkan hanya terpapar asap rokok, berganti-ganti pasangan serta berhubungan seks bebas tanpa kondom. Jadi, penting bagi Anda untuk menyadari tanda-tanda mencurigakan sejak dini. Selain itu, tes pap smear juga dapat membantu mendeteksi kanker serviks sejak dini.

Related posts

Tinggalkan Balasan