Hal Sederhana Yang Bisa Membuat Anda Bahagia

Hal Sederhana Yang Bisa Membuat Anda Bahagia

Iri hati dengan keadaan orang lain tidak akan bisa membuat kita bahagia, hal tersebut justru akan membuat kita selalu merasa kurang yang akhirnya menuntun kita ke arah hal-hal negatif.

Apakah kebahagiaan itu? Mungkin sebagian di antara kita akan menjawab punya mobil mewah, rumah besar, harta melimpah dan sebagainya. Nyatanya, dalam upaya mencari kebahagiaan kita kerap mengabaikan hal-hal sederhana yang sebetulnya ada di sekitar kita dan sering kita jumpai. Kebahagiaan adalah bagaimana pola pikir manusia dalam menilai segala sesuatu. Karenanya, kebahagiaan tidak bisa dibeli ataupun dibuat-buat melainkan harus datang dari dalam hati terdalam yang hanya bisa dicapai melalui kerendahan hati, ketulusan, dan kesabaran.

Bahagia itu mudah loh sebetulnya, kita tidak perlu harus bersusah payah agar bisa memilikinya dan berikut adalah beberapa hal yang harus kita terapkan agar kebahagiaan selalu menyelimuti kehidupan kita.

Mulailah dengan…

1. Mencintai diri sendiri

Cinta adalah sumber dari kebahagiaan. Oleh karena itu, sangat mustahil bagi seseorang bisa mencintai orang lain jika mencintai dirinya sendiri ia tidak bisa. Mencintai diri sendiri juga bisa berarti tidak memperlakukan tubuh dengan cara-cara destruktif seperti merokok, mengonsumsi minuman keras, mengonsumsi narkoba, dan sebagainya. Mencintai diri sendiri berarti kita akan selalu berusaha untuk hidup sehat dan selalu berpikir positif.

2. Mencintai sesama

Mencintai sesama adalah sebuah kewajiban, sebab sebagai makhluk sosial kita tidak bisa hidup seorang diri. Ketika kita mampu mengembangkan cinta terhadap sesama, maka kita akan mampu melihat bahwa segala perbedaan yang ada bukanlah sebuah masalah yang harus selalu diperdebatkan, tetapi sebagai sebuah keunikan yang harus dijaga serta disyukuri, di situ kita baru bisa merasa bahagia.

3. Mensyukuri keadaan

Setiap orang lahir dengan latar belakang yang berbeda-beda. Maka dari itu, meminjam istilah “rumput tetangga selalu lebih hijau” hal tersebut harus bisa kita hentikan. Iri hati dengan keadaan orang lain tidak akan bisa membuat kita bahagia, hal tersebut justru akan membuat kita selalu merasa kurang yang akhirnya menuntun kita ke arah hal-hal negatif.

4. Patuh terhadap perintah Tuhan

Patuh terhadap perintah Tuhan akan membimbing kehidupan kita, sebab setiap firman yang telah Tuhan sampaikan kepada hambanya para nabi bertujuan agar manusia bahagia tidak hanya untuk di bumi saat ini, tetapi juga untuk kehidupan yang akan datang. Selain itu, dengan patuh terhadap perintah Tuhan akan menghindarkan kita dari perbuatan-perbuatan tercela yang akhirnya justru menjerumuskan kita ke dalam kesedihan serta dukacita akibat perbuatan dosa.

5. Jangan mudah mengeluh

Sesekali mengeluh dengan apa yang sedang kita alami bukanlah masalah, sebab dengan mengeluh kita dapat mengurangi beban yang sedang kita alami. Namun demikian, kebiasaan mengeluh yang dilakukan secara terus menerus justru menunjukkan kelemahan kita dan kita tidak akan pernah menemukan solusi untuk mengatasinya, sebab semakin sering kita mengeluh-semakin jauh kita dari rasa bahagia.

6. Jadilah pribadi pemaaf

Kesalahpahaman, ketersinggungan, rasa sakit hati, dan pengkhianatan adalah beberapa bentuk sumber ketidakbahagiaan. Ketika kita tanpa sadar melukai perasaan orang lain atau bahkan menjadi korban, maka tidak ada cara lain untuk mengatasi dan mengembalikan kembali rasa bahagia yang mungkin sempat hilang, kecuali dengan meminta maaf. Ya, maaf adalah cara ampuh agar rasa sakit hati bisa diobati dan kesalahpahaman diperbaiki. Jangan malu menjadi yang pertama untuk meminta maaf, apa pun posisi Anda meminta maaf adalah sesuatu perbuatan yang sangat terpuji.

7. Menabung

Kebahagiaan tidak jauh dari faktor ekonomi, sebab bagi mereka yang mampu tercukupi kebutuhan hidupnya pasti akan selalu merasa bahagia. Oleh sebab itu, rencanakan kehidupan serta masa depan kita dengan baik, menabunglah dan bijaklah dalam hal pengeluaran keuangan agar masa depan kita aman.

8. Kerjakan hal-hal positif dan menarik

Jangan terjebak dengan rutinitas, jangan jadi pribadi pemalas, dunia ini sangat luas dan banyak hal menarik bisa dieksplorasi untuk mengisi kembali tenaga serta semangat agar kehidupan semakin menarik.

Related posts

Tinggalkan Balasan