Cara Membersihkan Mesin Pencuci Piring Agar Bersih dan Higienis

mesin-cuci-piring

Sudah banyak masyarakat modern yang mengenal mesin yang satu ini. Ya, mesin cuci piring atau Dishwasher bagi kebanyakan masyarakan Indonesia memang masih baru, asing dan jarang digunakan. Namun keberadaannya cukup banyak diminati. Alat pencuci piring berteknologi baru ini mampu membantu pekerajaan ibu rumah tangga dalam hal mencuci piring yang kotor.

Mesin cuci piring mampu membersihkan piring kotor dalam jumlah yang banyak sekaligus. Selain bisa digunakan untuk mencuci piring, mesin Dishwasher memiliki beberapa fungsi lainnya. Secara otomatis alat ini mampu mencuci gelas, sendok dan garpu, termos, dan perlengkapan dapur lainnya.

Cara menggunakan mesin cuci piring cukup sederhana, yakni masukkan piring kotor kedalam mesin, letakkan pada rak khusus piring, jangan lupa tambahkan sabun cair khusus pencuci piring misal Sunlight ke tempat yang tersedia. Setelah itu tutup mesin cuci piring, nyalakan tombol cuci, dan biarkan air keluar. Piring kotor akan bersih dan higienis.

Selain memudahkan mencuci piring dan perlatan dapur lainnya, kita juga harus rajin membersihkan alat Dishwasher secara rutin dan berkala. Gunanya, supaya alat Dishwasher bebas dari kuman dan kotoran sisa pencucian piring. Karena bila dibiarkan maka akan banyak kotoran sisa makan yang menumpuk dan menempel ke mesin dan juga ke piring yang telah dicuci.

Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut tips menjaga dan membersihkan mesin cuci piring atau Dishwasher dengan benar sehingga mesin tetap bersih dan higienis.

  1. Kosongkan mesin Dishwasher dari piring atau perkakas lainnya.
  2. Tarik keluar rak-rak pencuci piring, carilah lubang dimana air keluar lalu gunakan kain yang bersih untuk membersihkannya. Jangan lupa periksa rak bila ada kotoran yang melekat. Bila ada bisa bersihkan dengan spon lalu bilas.
  3. Lepaskan juga filter air, lap dan bilas dengan air.
  4. Sebaiknya hindari mencuci mesin Dishwasher dengan bahan atau cairan yang mengandung minyak, asam, cat atau karat sebab dapat merusak lapisan dalam mesin.
  5. Bila butuh cara tradisional untuk membersihkan mesin Dishwasher, bisa menggunakan 1 cangkir cuka ke dalam mesin, dan baking soda di piring. Selanjutnya masukkan piring ke dalam rak paling atas, jalankan mesin lalu biarkan mesin bekerja.
  6. Bila ingin lebih praktis bisa menggunakan sabun pencuci Sunlight Anti Bakteri untuk perkakas yang membantu menghilangkan kotoran, kuman, dan bau sehingga lebih bersih dan higienis.
  7. Jangan membuka tutup mesin saat mesin pencuci piring sedang bekerja.

Demikian tips mesin cuci piring yang praktis dan higienis. Semoga bermanfaat ya, dan jangan lupa untuk menerapkan hal – hal di atas agar mesin cuci piring tetap awet dan berfungsi dengan baik.

Related posts

Tinggalkan Balasan