Bisnis yang Menjanjikan dari Ternak Sapi

Bisnis ternak sapi dapat menjadi alternatif untuk Anda yang ingin berbisnis. Memang bukan hal yang mudah, karena Anda harus memerlukan ketelitian dan kesabaran khusus dalam menjalankan bisnis ini. Selain itu juga dikarenakan ada hal-hal yang perlu untuk diperhatikan, misalnya kandang atau dampaknya pada lingkungan yang ada di sekitar. Salah satunya seperti kotoran sapi dimana hal itu sangat perlu untuk diperhatikan agar tidak menganggu aktivitas dari penduduk yang ada di sekitar kandang.

Nah untuk Anda yang ingin menjadi pengusaha sapi, sebaiknya dibekali dengan pengetahuan yang lengkap seputar sapi dan bagaimana mengurus sapi tersebut. Karena seperti yang kita tahu, mengurus sapi tidak semudah mengurus hewan lainnya seperti ayam, kambing, atau hewan lain.

Mengurus sapi harus dilengkapi dengan tenaga ekstra dibandingkan hewan ternak lain. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mencoba untuk berbisnis ternak sapi, berikut adalah hal-hal yang berkaitan dengan bisnis ternak sapi agar usaha Anda bisa berjalan lancar.

Penggemukan sapi

Hal pertama yaitu mengenai penggemukan sapi potong. Ini adalah pemelihaaan sapi yang dewasa tetapi dalam keadaan kurus untuk ditingkatkan berat badannya. Caranya melalui pembesaran daging dengan waktu relatif singkat (3-5 bulan). Nah hal-hal yang berkaitan dengan usaha dari penggemukan sapi potong ini diantaranya adalah :

Jenis ternak sapi

Ini dia beberapa jenis sapi yang digunakan untuk bakalan dalam usaha penggemukan sapi potong di Indonesia :

Sapi Bali: ciri-cirinya berwarna merah dengan kaki yang berwarna putih dari lutut ke bawah dan pada pantat. Pada bagian punggungnya bergaris warna hitam (garis belut). Kelebihan sapi ini adalah dapat beradaptasi dengan baik pada lingkungannya yang baru.

Sapi Ongole: ciri-cirinya berwarna putih dengan warna hitam yang ada di beberapa bagian tubuh, memiliki gelambir dan punuk, juga memiliki daya adaptasi yang baik. Jenis ini sudah disilangkan dengan sapi Madura dan keturunannya dinamakan peranakan ongole (PO). Cirinya sama dengan sapi jenis ongole tetapi kemampuan produksinya lebih rendah.

Sapi Brahman: ciri pada sapi ini adalah memiliki warna coklat hingga coklat tua, bagian kepalanya berwarna putih. Daya pertumbuhannya cepat sehingga menjadi sapi potong yang paling dicari di Indonesia.

Itu dia beberapa jenis sapi dan usaha ternak sapi dari sapi potong. Untuk Anda yang ingin mengetahui usaha perternakan sapi di bkpm.go.id bisa mencari referensi via internet. Semoga bermanfaat.

Related posts

Tinggalkan Balasan